Arkana Jati & Interior

3 Jenis Kayu Jati Yang Digunakan Untuk Membuat Pintu Kayu Jati

Pintu kayu jatiSiapa yang tidak tahu kayu jati? Semua orang pasti mengetahui dan hafal dengan jenis kayu satu ini. Jika anda sedang membutuhkan kayu tersebut, akan lebih baiknya jika memesan di tempat pengrajin kayu yang kompeten di bidangnya. Mampu mengerjakan semua jenis pintu kayu sesuai dengan keinginan. Apabila anda ingin membuat pintu kayu jati. Akan lebih baik jika anda mengetahui berbagai jenis kayu jati yang sering digunakan untuk membuat pintu. Karena jenis kayu jati ini ada banyak pilihannya. Bisa disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan anda akan kayu tersebut. Anda pastinya juga sudah tahu bukan bahwa kayu jati ini di banderol dengan harga yang sangat tinggi. Jadi tidak heran jika banyak yang tertarik untuk membeli kayu jati tersebut.

Pintu kayu jati

Jika Anda Penasaran Dengan Jenis Kayu Jati Itu Apa Saja? Simak Ulasan Kami Dibawah Ini!

Kayu jati memang merupakan salah satu jenis kayu bangunan yang sering digunakan untuk dijadikan sebagai bahan furniture. Karena kualitas dari kayu ini sudah terjamin tinggi. Meskipun di banderol dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Nyatanya ada banyak orang yang masih suka menggunakan jenis kayu jati daripada jenis kayu lainnya. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa kayu jati tersebut mengandung banyak minyak alami. Sehingga bisa dipastikan berkualitas terbaik, tahan lama dan juga kuat. Namun sebelumnya, apakah anda sudah tahu jenis dari kayu jati itu apa saja. Anda bisa mempertimbangkan penjelasan kami mengenai jenis-jenis kayu jati dibawah ini.

  • Jati rakyat

Ada banyak sekali yang tidak tahu ternyata ada banyak sekali jenis kayu jati. Jenis kayu jati pertama yang kami jelaskan ini memang memiliki masa pertumbuhan cukup panjang. Bisa mencapai 15 tahun sampai dengan 25 tahun. Jika sudah berumur 25 tahun, kayu jati tersebut nantinya siap ditebang. Jika diperhatikan lebih lanjut lagi. Maka jenis kayu jati ini cukup unik. Sebab kayu jati tersebut memiliki banyak bengkokan. Tidak hanya itu saja, pori-pori yang ada pada kayu jati tersebut cukup padat dengan gubal kayu tidak terlalu banyak. Selain itu, jika dibandingkan dengan jenis kayu jati emas. Maka kayu jati yang satu ini memiliki harga yang relatif lebih murah dan cukup tahan lama. Kayu jati ini memiliki kadar air yang cukup tinggi dengan warna pucat.

  • Jati emas

Seperti yang diketahui bahwa jenis kayu jati sangat banyak. Seperti halnya kayu jati emas ini yang memiliki batang lurus dan tanpa bengkokan. Jadi lebih memudahkan pengrajin kayu untuk mengolahnya. Jika berbicara mengenai masa pertumbuhan dari kayu tersebut. Maka tergolong lebih cepat jika dibandingkan kayu jati rakyat.

  • Jati perhutani

Nah untuk jenis kayu jati yang satu ini memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan kayu jati emas maupun kayu jati rakyat. Pori-pori pada kayu jati ini lebih padat dengan tekstur lebih berminyak. Bahkan warna kayu lebih hidup serta sangat tahan lama jika digunakan.

Jadi itulah berbagai hal yang perlu anda ketahui mengenai jenis-jenis dari kayu jati. Karena memang ada banyak sekali jenis kayu jati yang bisa digunakan. Anda bisa memilih sendiri mau menggunakan jenis kayu yang seperti apa. Pastikan baik-baik bahwa kayu jati yang anda pilih sesuai dengan yang anda inginkan. Selain itu juga sepadan dengan budget yang dimiliki. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa harga kayu jati ini sangatlah tinggi.