Arkana Jati & Interior

Ciri-Ciri Kayu Jati Berkualitas Tinggi Untuk Membuat Pintu Kayu Jati

Pintu kayu jatiFurniture dengan bahan kayu jati memang menawarkan nilai estetika dan juga ketahanan kayu yang berbeda. Pasalnya kayu jati memang memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lainnya. Tidak heran apabila ada banyak orang yang mengincar kayu jati sebagai bahan utama furniture tersebut. Untuk memilih kayu jati yang berkualitas terbaik. Anda harus memahami terlebih dahulu berbagai ciri dari kayu jati yang memang memiliki kualitas terbaik.

Pintu kayu jati

Yuk Kenali 5 Ciri-Ciri Kayu Jati Dengan Kualitas Unggulan

Jika anda ingin membuat pintu kayu jati. Maka anda pasti menginginkan yang kualitasnya terbaik bukan. Sekarang juga anda bisa mendapatkan kayu jati yang berkualitas terbaik tersebut. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah memperhatikan ciri-ciri dari kayu jati. Pilihlah kayu jati yang benar-benar memiliki kualitas terbaik dan juga tahan lama. Berikut ini adalah beberapa ciri kayu jati yang memiliki kualitas terbaik, seperti:

  • Pastikan sudah berusia tua

Cara mengetahui ciri dari kayu jati berkualitas yaitu dengan memastikan bahwa kayu tersebut sudah tua. Kayu yang sudah berusia tua akan memiliki masa pakai yang relatif panjang dan tahan lama digunakan sebagai pintu. Untuk melihat seberapa tua kayu jati tersebut, maka anda juga bisa melihatnya dari hasil finishing terakhirnya. Kayu jati yang memiliki finishing bagus memang bisa terlihat dari pewarnaan yang merata pada seluruh bagian dan semua pori-pori kayu tertutup dengan finishing. Selain itu, lapisan pada finishing cukup tebal serta tidak terlalu tipis.

  • Pori-pori padat

Kayu jati yang berkualitas terbaik tentunya memiliki pori-pori yang padat. Sehingga permukaan kayu tersebut tidak berlubang. Untuk itu, pastikan anda lebih jeli dan menghindari pembelian kayu jati yang memiliki lubang kecil pada bagian permukaan kayu. Kayu jati yang memiliki pori-pori padat memang akan tahan lama dari serangan rayap. Sehingga kayu tersebut tidak akan mudah keropos. Adanya lubang kecil pada permukaan kayu memang menandakan bahwa di dalamnya sudah keropos meskipun pada bagian luarnya kokoh.

  • Memiliki bentuk yang simetris

Apabila anda ingin membeli pintu kayu jati yang sudah jadi. Pastikan jika furniture tersebut memiliki bentuk simetris dan kokoh. Jangan terpaku dengan harga mahal. Karena harga yang mahal juga belum menjamin kualitas dari kayu jati tersebut. Jadi pastikan jika anda memiliki furniture kayu jati yang memiliki warna lebih mencolok. Sebab, warna yang lebih hidup menunjukkan pigmen kayu jati lebih banyak.

  • Tidak memiliki gubal kayu

Kayu jati yang baik sudah pasti tidak memiliki gubal kayu. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis kayu lainnya yang memiliki gubal kayu. Jika anda tidak menemukan kayu jati yang belum diolah. Maka carilah kayu jati dengan gubal.

  • Usahakan mendapatkan kayu jati khas jepara

Selain memperhatikan ciri dari kayu jati berkualitas diatas, anda juga jangan sampai salah memilih jenis kayu jati seperti apa yang akan digunakan. Usahakan anda mendapatkan kayu jati khas jepara. Karena kualitasnya sangat bagus dan tahan lama.

Jadi itulah berbagai ciri dari kayu jati yang memiliki kualitas terbaik. Memang jenis dari kayu jati tersebut ada banyak pilihannya. Bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan anda akan kayu jati tersebut. Beberapa ulasan kami diatas semoga bisa membantu anda dalam memilih dan membedakan jenis kayu jati yang benar-benar memiliki kualitas unggulan.