Arkana Jati & Interior

Inilah Jenis – Jenis Kayu Solid Yang Cocok Di Jadikan Furniture Oleh Pintu Kayu Jati

Pintu kayu jati – Untuk jenis kayu ini merupakan salah satu bahan baku alami untuk pembuatan furniture. Dimana bentuknya yang memang indah ini, maka sumbernya yang melimpah serta mudah dalam pengolahannya. Sudah pasti membuat kayu solid ini memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia bukan.  Untuk kayu solid ini pun adalah kayu yang masih murni bukan.  Untuk jenis kayu ini tersebut telah di tebang dari hutan dan langsung bisa digunakan. Yakni sebagai bahan pembuatan furniture yang lain. Ada banyak jenis kayu yang masuk kategori kayu solid di antaranya adalah kayu jati, mahoni, trembesi, pinus dan lain sebagainya.  Untuk kayu – kayu tersebut biasanya telah tumbuh di hutan, yakni selama bertahun – tahun baru bisa digunakan sebagai salah satu bahan furniture atau pintu.

Inilah Jenis – Jenis Kayu Solid Yang Cocok Di Jadikan Furniture Oleh Pintu Kayu Jati

3 Jenis Kayu Solid Yang Cocok Di Jadikan Furniture Oleh Pintu Kayu Jati

Untuk kayu solid ini sendiri memang memiliki standar kelas kekuatan dan tingkat keawetan khusus. Dimana semakin kecil nomor kelas yang telah dimiliki oleh kayu ini. Maka akan semakin tinggi pula kualitas kayu tersebut. Selain dari segi kualitas kayu bawaan ini. Maka sudah pasti untuk proses pengolahan kayu solid ini juga akan menentukan kekuatan dan keawetan nya. Maka dari itu, ada namanya proses pengeringan kayu ini dengan acara di oven. Hal ini dikarenakan untuk kayu ini memang lebih kering sehingga lebih tahan lama terhadap air dan rayap. Untuk warna kayu yang dimiliki ini akan terlihat lebih menarik. Maka dari itu kayu yang di oven ini memiliki kualitas yang lebih baik. Jika dibandingkan yang tidak di oven bukan. Dan berikut ini adalah jenis kayu yang digunakan untuk bikin mebel diantaranya:

  1. Kayu sonokeling

Untuk jenis kayu sonokeling ini merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki corak yang indah.  Dimana warna kayu ini pun cokelat gelap dengan alur – alur berwarna hitam. Sehingga mampu membuat kayu ini terlihat sangat eksotis. Dengan begitu di sebut – sebagai salah satu rosewood yang ada di Indonesia. Untuk pohon ini memang banyak tumbuh di daerah jawa tengah dan jawa timur. Yakni terutama berada di daerah – daerah yang cukup berbatu dan agak kering.

  1. Kayu singkai

Untuk jenis kayu sungkai yang satu ini dapat dijadikan bahan furniture. Hal ini dikarenakan untuk warna putih kekuningan yang memang cerah. Untuk serat kayu ini memang cukup bagus. Selain itu kayu ini pun memiliki garis lurus yang teratur. Dengan begitu sangat cocok digunakan untuk bikin furniture minimalis. Jadi anda akan lebih mudah menemukan pola heartwood pada kayu ini.

  1. Kayu meranti

Untuk jenis kayu meranti ini memang memiliki permukaan warna merah muda pucat. Dimana warna kayu yang satu ini menandakan usia dari kayu meranti ini. Dimana akan semakin gelap warnanya. Sudah pasti usianya dari kayu yang satu ini pun akan semakin tua. Sehingga untuk kualitas mutunya ini sudah pasti akan semakin baik. Kayu meranti ini pun memiliki kelebihan mudah untuk dikeringkan.  Untuk jenis kayu meranti merah ini dapat digolongkan dalam kelas kuat.

Nah, itulah 3 jenis kayu yang cocok dijadikan furniture oleh pintu kayu jati ini. Semoga ulasan di atas ini bermanfaat serta dapat dijadikan ide saat bikin mebel.