Arkana Jati & Interior

JENIS KAYU UNTUK KUSEN DAN PINTU YANG SERING DIGUNAKAN OLEH PINTU KAYU JATI

Seperti yang kita tahu bukan, jika kusen kayu ini merupakan produk mebel yang juga memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Sehingga tidak mengherankan jika memang banyak sekali yang menggunakannya. Walaupun seringkali ketersediaan kusen kayu ini memang tidak sebanyak kusen aluminium. Nah, untuk jenis kayu untuk kusen dan pintu yang di produksi oleh jasa pintu kayu jati. Maka penting sekali untuk diperhatikan, karena jenis kayu ini digunakan untuk menentukan kualitas kusen nantinya. Semakin baik kualitas kayu yang dibuat maka sudah pasti kusen ini pun dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Hingga kini memang ada banyak sekali kayu yang dapat digunakan untuk membuat kusen bukan.

JENIS KAYU UNTUK KUSEN DAN PINTU YANG SERING DIGUNAKAN OLEH PINTU KAYU JATI

Inilah 4 Jenis Kayu Untuk Kusen Dan Pintu Yang Sering Digunakan Oleh Pintu Kayu Jati

Tahukah anda, sebenarnya memang ada banyak sekali jenis kayu yang dapat digunakan untuk bikin kusen dan pintu. Akan tetapi hanya ada 4 jenis kayu dengan kualitas terbaik yang umumnya digunakan untuk kusen. Dimana kusen ini dapat dibuat dari kayu jati, kamper, kayu meranti dll. Nah, setiap jenis kayu sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Akan tetapi untuk kusen kayu dengan kualitas terbaik. Maka bahan yang paling bagus ini adalah kayu jati. Dimana kayu jati ini menjadi bahan yang berada di posisi paling atas. Hal ini dikarenakan kayu jati ini memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah jenis kayu untuk kusen dan pintu yang perlu anda tahu diantaranya:

  1. Kayu meranti

Untuk jenis kayu meranti yang satu ini memang seringkali digunakan dalam pembuatan kusen kayu jendela dan pintu. Untuk kayu sengon ini sendiri memang memiliki banyak keunggulan. Nah, salah satunya adalah memiliki batang yang lurus. Di samping itu, untuk kayu sengon ini memiliki sifat ringan dan lurus. Selain itu di samping itu, untuk kayu sengon ini memiliki sifat ringan dan lurus. Sehingga dapat dibentuk dengan sangat mudah bukan.

  1. Kayu kamper

Untuk jenis bahan kayu kamper ini sendiri memiliki kualitas yang baik. Selain itu seringkali dimanfaatkan sebagai kusen pintu. Akan tetapi kualitas terbaik dari jenis kayu kamper ini hanya bisa anda dapatkan pada jenis kayu yang telah dikeringkan. Dalam jangka waktu yang cukup panjang. Jenis kayu kamper ini sendiri sangat kuat dan mampu bertahan cukup lama. Yakni meskipun kayu memiliki bobot yang ringan. Akan tetapi untuk kayu kamper ini juga memiliki kekurangan lain. Dimana akan mampu mengembang jika berada di udara dengan sangat lembap.

  1. Kayu jati

Jika anda ingin menjadikan kusen sebagai pintu, maka kayu jati ini akan cukup unggul. Selain itu kayu ini memiliki sifat yang kuat, stabil serta tahan lama. Untuk jenis kayu yang satu ini juga nati jamur dan anti rayap. Hal ini dikarenakan memiliki kandungan sejenis minyak yang sangat tidak disukai oleh binatang. Selain itu bentuk serat juga berbeda – beda. Sebab tergantung dari lahan penanaman dan proses selama pemotongan. Namun dalam hal ini harga kayu jati ini tergolong sangat mahal.

  1. Kayu mahoni

Untuk jenis kayu mahoni ini adalah salah satu jenis kayu yang sering digunakan. Dalam industri perkayuan. Untuk kayu mahoni ini sendiri memang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan mebel. Contohnya saja seperti meja dan kursi. Kayu ragam ini banyak digunakan. Karena cenderung stabil.

Nah, itulah 4 jenis bahan yang sering digunakan untuk bikin kusen dan pintu. Semoga bermanfaat dan dapat anda jadikan ide untuk menentukan bahan yang anda inginkan.

Leave a Comment