MENGETAHUI MODEL KUSEN PINTU KAYU JATI

Model kusen pintu kayu jati bisa menjadi salah satu aspek yang bisa menambah nilai keindahan suatu rumah. Model kusen pintu bisa memberikan keunikan yang berbeda sehingga bisa membuat desain rumah terasa monoton. Desain kusen pintu juga bisa mencerminkan kepribadian yang dimiliki oleh pemilik rumah. Untuk itu, anda harus mempertimbangkan berbagai macam hal sebelum membeli model kusen pintu kayu jati.

Model kusen pintu kayu jati 

Berbagai Macam Kayu Untuk Kusen Pintu

Kayu merupakan bahan yang sering digunakan untuk material bangunan dan perabotan rumah. Salah satu barang yang dihasilkan dari kayu adalah kusen. Kayu yang dapat dijadikan kusen ada beberapa macam. Berikut ini macam-macam kayu yang bisa dibuat menjadi kusen:

  1. Kayu Jati

Kayu jati menjadi bahan yang paling banyak diminati. Kualitas yang baik yang ditunjukkan lewat keindahan, kekuatan dan kestabilannya yang membuat masyarkat tertarik menggunakan kayu jati. Karena kualitasnya tersebut, kayu jati memiliki harga yang lumayan mahal. Setelah dibuat menjadi model kusen pintu kayu jati, sebaiknya kayu ini dicat dengan warna yang menegaskan tekstur bahan kayu.

  1. Kayu Merbau

Kayu ini tumbuh diberbagai wilayah di Indonesia. Kayu ini mulai menjadi salah satu yang dicari sebagai bahan bangunan. Kayu ini biasanya digunakan sebagai pengganti kayu jati karena memiliki kesamaan dengan kayu jati. Harga kayu ini juga tergolong mahal. Biasanya kayu ini dilapisi oleh melamin warna gelap pada tahap finshing.

  1. Kayu Kamper

Dinamai kayu kamper karena kayu ini memiliki bau khas. Dibandingkan dengan kayu jati, kayu ini lebih ringan. Kayu ini juga kuat terhadap serangga. Kayu ini memiliki serta yang halus dan indah. Harga kayu kamper juga lebih terjangkau. Kayu ini bisa mengembang bila digunakan dalam waktu yang cukup lama.

  1. Kayu Kelapa

Kayu ini berasal dari pohon kelapa. Pohon kelapa sangat mudah dijumpai di Indonesia. Kayu ini juga cukup diminati oleh masyarakat sebagai bahan bangunan. Biasanya kayu ini berasal dari pohon kelapa yang berumur 60 tahun atau pohon kelapa yang sudah tidak berbuah sehingga perlu ditebang. Batang pohon kelapa yang tinggi memudahkan dalam membentuk batang menjadi kayu balok.

  1. Kayu Meranti Merah

Ada dua macam kayu jenis ini, yaitu kayu meranti merah tua dan merah muda. Kayu ini bisa dijadikan metrial bangunan. Akan tetapi disarankan menggunakan kayu ini untuk interior rumah, karena kayu ini cukup sensitif.

Hal yang Dapat Mempengaruhi Model Kusen Pintu

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kualitas model kusen pintu, diantaranya:

  1. Bahan pembuat kusen.

    Bahan kusen dari kayu masih menjadi bahan yang paling diminati di Indonesia. Karena bahan kayu memiliki sifat yang natural dan alami sehingga bisa membuat rumah kelihatan lebih asri. Selain itu bahan kayu merupakan bahan yang mudah untuk didesain dengan berbagai model. Sebagai contoh adalah bahan kayu jati. Kayu jati memiliki kualitas yang bagus dan bisa mudah didesain menjadi berbagai model kusen pintu kayu jati. Desain atau ukiran pada kusen pintu kayu jati bisa memberikan nilai keindahan seperti nilai tradisional.

  2. Menentukan bentuk dan ukuran kusen pintu.

    Dalam memilih kusen kayu, tidak boleh dilakukan secara sembarangan, diperlukan banyak pertimbangan. Memilih kusen kayu tidak semudah memilih perabot rumah. Sesuaikan desain kusen pintu dengan ukuran lubang kusen dan desain rumah anda. Jangan sampai ukurannya tidak pas dengan lubang kusen. Tentunya hal ini akan membuat kerumitan karena perlu mengukur ulang kusen bahkan membuat ulang dan menyebabkan anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

  3. Menentukan warna pada kusen pintu.

    Warna pada kusen pintu dapat mempengaruhi estetika rumah. Karena pintu merupakan area dimana banyak orang masuk dan keluar, selain keluarga juga tamu maka warna kusen pintu harus disesuaikan dengan baik. Warna kusen pintu dapat disesuaikan dengan warna dinding rumah atau warna pintu rumah. Untuk memberikan kesan kayu yang lebih kuat, model kusen pintu jati dapat dicat dengan warna coklat tua. Untuk konsep rumah minimalis bisa menggunakan cat berwarna netral seperti hitam, putih dan coklat. Sedangkan untuk konsep rumah modern bisa menggunakan warna cat yang cerah.

Setelah memperhatikan beberapa hal diatas, diharapkan anda bisa lebih cermat dalam mencari model kusen pintu kayu jati. Hal ini supaya anda mendapatkan kualitas yang sepadan dengan harga model kusen pintu kayu jati yang mahal.