RUMAH JAWA JOGJA BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta memang sudah bukan hal asing lagi saat ini. Karena memang rumah jawa sendiri sudah dikenal sejak zaman dahulu bahkan pada masa penjajahan kolonial belanda. Sebelum hadir berbagai macam bangunan modern atau rumah minimalis saat ini.  Untuk rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta ini memang dapat mencerminkan status sosial keluarga penghuninya.  Bagi masyarakat jawa rumah merupakan tempat untuk menampilkan Kreasi dan juga seni.  Seni bangunannya telah melewati beberapa zaman, seperti zaman mataram – hindu, majapahit, singosari, demak, pajang hingga berakhir pada zaman keraton surakarta dan yogyakarta. Menurut orang zaman dahulu, untuk mendirikan sebuah rumah meski rumah tersebut kecil dan sederhana, masyarakat jawa akan memikirkan soal letak tanah.  Dimana dulu dalam kepercayaan jawa, masyarakat selalu membuat kamar dengan jumlah ganjil.  Sebab jika kamar berjumlah genap, tentu akan mendatangkan malapetaka.  Akan tetapi kepercayaan tersebut memang akan perlahan – lahan sudah mulai terkikis. Seperti yang kita tahu bangunan rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta ini memiliki banyak ragam, mulai dari yang paling sederhana hingga bangunan yang tergolong mewah.  Yakni panggangpe, limasan, kampung, joglo dan tajug. Tentu saja model – model rumah jawa tersebut bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Model Rumah Jawa Jogja Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Yang Sering Di Pesan Oleh Beberapa Kalangan

Rumah jawa sesuai dengan namanya, rumah ini merupakan rumah adat tradisional masyarakat jawa. Khususnya di daerah istimewa yogyakarta, jawa tengah dan jawa timur.  Untuk arsitek dan desain rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta dipakai dengan fungsi yang cukup beragam. Apalagi jika anda pergi ke daerah pedesaan tentu akan menemukan beragam rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta.  Dimana rumah jawa tersebut memang difungsikan sebagai salah satu tempat tinggal. Namun ada juga beberapa kalangan yang memang dengan sengaja menjadikan rumah jawa sebagai desain ruang tamu.  Misalnya saja seperti keraton yogyakarta dan juga surakarta. Sekarang untuk membuat rumah jawa memang terbilang cukup mudah. Terlebih saat ini perkembangan teknologi ini memang sudah sangat pesat, sehingga untuk menemukannya anda bisa mencari di internet.  Untuk mewujudkan rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta yang anda idamkan maka bekerja samalah dengan jasa pembuatan mebel rumah kayu. Biasanya layanan jasa mebel tersebut selain menerima pembuatan mebel, juga menerima pembuatan furniture yang lain. Misal meja, rumah kayu, lemari, pintu, jendela dan masih banyak yang lainnya.  Bahkan sekarang untuk melakukan pemesanan rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta ini dapat dilakukan dengan dua cara.  Yakni melakukan pemesanan secara langsung serta melakukan pemesanan secara online.

Hanya saja jika anda mendapatkan layanan pembuatan rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta ini di internet sebaiknya anda lakukan secara hati – hati.  Karena tidak semua layanan produksi rumah kayu ini memiliki kualitas dan pengalaman yang sama. Sehingga harga untuk produksi rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta ini berbeda – beda. Ada yang menawarkan dengan harga mahal dan juga murah.  Selain internet anda juga bisa mendapatkan info lain dari teman atau kerabat anda. Biasanya mereka dapat menyarankan jasa pembuatan rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta yang berkualitas dan berpengalaman. Dengan begitu anda bisa mendapatkan informasi lebih mengenai layanan ini soal harga, reputasi, kualitas dan lain – lain.  Model – Model rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta yang sering dipesan konsumen:

  1. Rumah panggangpe

Untuk rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta ini merupakan bentuk rumah paling sederhana, bahkan bisa dibilang yang paling rendah.  Dimana bangunan ini terdiri dari denah bujur sangkar atau persegi empat.  Untuk tiang penyangganya bisa enam, empat, delapan, dan bisa juga lebih.  Bahkan untuk atap rumah terdiri dari satu sisi yang letaknya dibuat miring.  Namun pada masa mendatang, rumah model ini bisa dikembangkan dengan menambah ukuran panjang atau lebar rumah.  Karena itu bentuk panggangpe bisa menjadi panggangpe trajumu, gedang salirang, gedang setangkep kios, cere gencet, empyak setangkup dan kodokat.  Untuk bentuk rumah panggangpe bisa diperluas dan diberi penambahan.  Untuk model rumah ini masih bisa disaksikan di penginapan, pavrik pasar dll.

  1. Bentuk rumah kampung

Untuk rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta memang dikenal dengan bentuk rumah rakyat.  Dimana rumah ini memang paling sering di jumpai karena harganya yang terjangkau dan juga irit bahan.  Untuk rumah ini memang terdiri dari bujur sangkar bersegi empat dengan tiang berjumlah empat, enam, delapan atau bisa lebih.  Seperti rumah model panggangpe, rumah model kampung juga memiliki kamar dengan jumlah ganjil.  Sedangkan untuk atapnya sendiri memiliki dua sisi, sebelah menyebelahi sehingga dapat membentuk hubungan.  Selain itu pada kiri dan kanannya disebut tutup keyong. Untuk kerangka pada bangunan yang satu  ini memang terdiri dari tiang, penegret, blandar, ander, sundut, dan molo. Namun ada pula dengan usuk dan juga reng.  Untuk bentuk bangunan ini bisa berkembang menjadi berbagai macam model seperti bentuk kampung trajumas, strotong, dll.

  1. Bentuk limasan

Untuk model rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta hampir sama dengan model kampung.  Hanya berbeda pada sengkuapnya.  Sengkuap merupakan atap tambahan yang ada di belakang atau berada di rusuk rumah.  Untuk atap rumah kampung terdiri dari dua sisi berbentuk tutup keyong, maka pada rumah limasan, sengkuapnya memiliki empat sisi.  Selain itu rumah model ini memiliki bentuk segi empat dengan tiang sebanyak empat, enam, delapan, atau lebih.  Dalam perkembangannya rumah limasan juga dapat berkembang menjadi beberapa macam seperti limasan gajah ngombe, kimasan pacul gowang, limasan gajah mungkir dll.  Untuk rumah model limasan merupakan bangunan mewah dan megah.

  1. Rumah joglo

Rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta yang satu ini memang hanya dimiliki oleh orang yang berada.  Ini dikarenakan rumah model ini memerlukan bahan bangunan yang cukup banyak.  selain itu rumah joglo merupakan salah satu rumah tradisonal jawa yang sempurna.  Sama seperti rumah adat jawa yang lain.  Untuk model rumah joglo juga berbentuk segi empat dengan tiang saka guru berjumlah empat buah.  Selain itu taing ini ditambah dengan saka penangkap dan saka rawa dan ditambah dengan saka – saka paningrat.

Rumah Jawa Jogja Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Yang Berkualitas

Jika saat ini anda sedang memiliki rencana untuk bikin rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta.  Namun hingga kini belum menemukan jasa pembuatan rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta yang berkualitas. Maka kami sarankan anda bekerja sama dengan Arkana jati.  Dimana kami merupakan layanan jasa pembuatan furniture jati yang berkualitas dan tahan lama. Dimana bisa anda pesan sesuai dengan kebutuhan anda. Kami telah menggunakan aneka jenis bahan yang berkualitas terbaik dengan hasil yang memuaskan. Pemesanan pun bisa anda lakukan baik secara langsung maupun online. Berminat melakukan pemesanan kepada rumah jawa jogja bantul daerah istimewa yogyakarta Arkana jati, segera hubungi marketing kami.

Untuk info dan pemesanan lebih lengkap silakan hubungi marketing kami di bawah ini.

Telepon & WA : +6283869446887

E-mail : [email protected]