Serba Serbi Kusen Ukir Kayu Jati

Serba Serbi Kusen Ukir Kayu Jati

Kusen Ukir Kayu Jati

Kusen ukir kayu jati menjadi salah satu produk yang diminati dari dalam negeri bahkan hingga luar negeri. Kayu jati dinilai sebagai kayu yang punya ketahanan yang paling lama atau paling awet dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Kayu jati tidak mudah dimakan rayap. Dengan kualitas yang sangat bagus itu, tentunya kayu jati mempunyai harga yang cukup mahal. Hal ini disebabkan juga karena pohon jati memerlukan beberapa tahun untuk tumbuh dan batang kayunya bisa digunakan. Kayu jati bisa mengahsilkan berbagai macam bentuk perabotan rumah dan pelengkap bangunan. Contohnya adalah meja, kursi, lemari, pintu, jendela dan kusen. Biasanya penghasil berbagai macam ukiran kayu jati adalah Jepara. Ada terdapat dua kusen ukir kayu jati, yaitu kusen pintu dan kusen jendela.

Sebelum Membuat Kusen Ukir Kayu Jati

Memilih bahan baku untuk membuat kusen sangatlah penting. Tentunya kayu jati adalah pilihan terbaik untuk membuat kusen ukir karena kayu jati adalah kayu dengan kualitas terbaik yang awet, tahan terhadap berbagai cuaca dan tidak mudah dimakan rayap. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam sebelum membuat kusen pintu atau jendela.

  1. Pastikan berapa panjang dan lebar kayu jati yang akan anda buat. Sebelum membuat kusen ukir kayu jati, anda sebaiknya mengetahui dulu ukuran panjang dan lebar kayu jati yang akan digunakan. Selain itu, anda juga harus mengetahui ukuran kusen yang akan dibuat. Sehingga anda tidak perlu khawatir apakah kayu yang digunakan cukup untuk membuat kusen atau tidak. Dan kusen yang dibuat sudah sesuai dengan ukuran lubang kusen pada bangunan atau tiidak.
  2. Menggunakan kayu jati dengan kualitas yang bagus, agar kusen ukir kayu jati yang akan kita buat bisa tahan lama terhadap cuaca dan rayap. Pilihlah kayu yang tidak mempunyai cacat. Kayu yang mempunyai cacat bisa mengakibatkan kualitas kayu menjadi buruk. Kayu bisa mudah rapuh dan dimakan rayap.
  3. Terdapat dua bahan baku kayu jati yang dapat digunakan untuk membuat kusen ukir kayu jati. Yang pertama adalah bahan baku kayu jati balok. Bahan baku kayu ini dapat kita beli di toko kayu. Kelebihan anda membeli bahan kayu ini adalah anda bisa mengetahui apakah kayu yang kita pilih itu cacat atau tidak. Kemudahan dalam perkiraan kayu yang akan kita gunakan juga adalah salah satu kelebihan memilih kayu balok. Akan tetapi harga kayu balok biasanya cenderung lebih mahal. Yang kedua adalah kayu jati log atau gelondongan. Untuk kayu jati log ini memang lebih sulit dan rumit dikerjakan karena memang harus melalui beberapa tahapan untuk bisa digunakan menjadi kusen pintu atau jendela. Namun, untuk harga, kayu log atau gelondongan ini lebih murah dari pada kayu balok dan anda bisa lebih leluasa dalam memilih kayu tersebut. Kayu ini bisa anda beli dengan membeli pohon utuh dan membeli batang pohon yang sudah ditebang di pedagang kayu log.

Harga Kusen Ukir Kayu Jati

Kayu jati merupakan bahan kayu dengan kualitas terbaik. Bahan ini tidak mudah rusak oleh cuaca dan di makan rayap. Kayu ini juga tergolong mudah untuk diukir. Banyak pemesan yang memesan kusen ukir kayu jati dari berbagai wilayah di Indonesia atau dari mancanegara. Karena kualitasnya yang sangat bagus, kusen ukir kayu jati mempunyai harga diatas kusen dengan bahan kayu lainnya. Harga untuk kusen pintu bisa dibanderol seharga 2,5 juta rupiah hingga 3,5 juta rupiah per unit. Untuk kusen jendela bisa dibanderol dengan harga 1 juta rupiah hingga 2 juta rupiah per unit. Harga ini dipengaruhi selain kualitas kayu juga dengan kerumitan ukiran. Semakin rumit ukiran yang dibuat pastinya akan membuat harga kusen semakin mahal. Harga juga bisa bertambah untuk pemesanan diluar kota karena memerlukan biaya pengiriman.

Demikianlah artikel mengenai kusen ukir kayu jati. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan manfaat bagi anda. Dan juga semoga artikel ini bisa menjadi referensi dalam perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat kusen ukir kayu jati.