Arkana Jati & Interior

TIPS MERAWAT GEBYOK KAYU JATI

Gebyok kayu jati adalah furniture dengan bentuk yang sangat indah. Furniture ini juga memiliki harga jual yang sangat tinggi dibandingkan dengan furniture lainnya. Gebyok adalah pintu yang dipenuhi dengan ukiran khas Jawa. Ukiran tersebut membuat gebyok memiliki nilai estetika yang tinggi. Anda tidak perlu heran ada banyak orang yang rela membeli gebyok dengan harga mahal. Gebyok memiliki tekstur yang paling kuat. Kayu jati adalah kayu yang awet dan solid. Kayu jati memang sering digunakan untuk membuat perabotan. Kayu jati tersebut memiliki kualitas yang paling bagus dibandingkan kayu lainnya. Sebenarnya gebyok adalah perabotan yang paling mahal dan mewah. Gebyok memiliki gaya klasik dan kuno. Pemilihan kayu jati adalah kunci untuk membuat gebyok. Kualitas kayu jati akan menentukan kualitas dari gebyok tersebut.

Gebyok kayu jati

Fungsi Gebyok

Gebyok memiliki fungsi yang sama dengan partisi lain yang digunakan di rumah anda. Gebyok sering dihubungkan dengan rumah khas Jawa karena ukiran tersebut menggambarkan budaya Indonesia. Anda pasti dapat melihat gebyok di rumah tradisional Jawa. Gebyok memiliki ukiran tiga dimensi yang indah dan menawan.

Kualitas Gebyok

Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas dari gebyok jati. Faktor pertama adalah detail dan kerumitan dari ukiran pada gebyok tersebut. Gebyok memiliki ukiran dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda. Ukiran tersebut harus dilakukan oleh tukang kayu profesional. Biasanya gebyok akan dikerjakan oleh orang yang ahli dalam seni ukir. Sebaiknya anda membeli gebyok dari orang yang ahli karena ukiran tersebut pasti akan dikerjakan dengan baik. Tingkat kerumitan detail dari ukiran tersebut dapat menentukan kualitas dan keindahan dari sebuah gebyok. Faktor kedua adalah jenis dan kualitas kayu jati yang digunakan dalam pembuatan gebyok. Kayu jati terdiri dari berbagai macam jenis dengan kualitas yang bervariasi. Jika gebyok tersebut menggunakan kayu jati dengan kualitas tinggi, maka gebyok tersebut pasti sangat awet. Anda harus menyiapkan dana yang lebih tinggi untuk mendapatkan kayu jati dengan kualitas terbaik.

Ukuran gebyok dapat menentukan harga dari gebyok tersebut. Jika ukuran gebyok semakin besar, maka harga gebyok tersebut juga semakin mahal. Gebyok dengan ukuran yang besar akan terlihat lebih berseni karena anda bisa melihat keseluruhan ukiran dari gebyok tersebut dengan lebih jelas. Biasanya hotel dengan nuansa tradisional akan menggunakan gebyok dengan ukuran yang besar hingga terlihat seperti dinding. Jika anda memiliki budget terbatas, maka anda bisa memilih gebyok dengan ukuran medium, yang terpenting, gebyok tersebut dapat menghadirkan nuansa tradisional di rumah anda.

Cara Merawat Gebyok

Meskipun gebyok yang terbuat dari kayu jati adalah perabotan yang kuat dan kokoh, namun gebyok tetap memerlukan perawatan yang tepat. Perawatan tersebut dilakukan agar gebyok tetap terlihat indah dan tahan lama. Perawatan gebyok dapat dilakukan dengan mudah. Perawatannya sama dengan perabotan kayu lainnya. Anda harus menyiapkan kemoceng, air bersih di dalam ember atau bak, kain pel, kuas ukuran kecil, tempat semprotan untuk air, cairan pembersih yang dibuat khusus untuk perabotan, dan kain kering.

Bersihkan semua permukaan gebyok tersebut dengan kemoceng. Jangan sampai ada sudut ukiran yang tidak dibersihkan. Anda dapat menggunakan kuas untuk membersihkan bagian ukiran yang tidak dapat dibersihkan dengan kemoceng. Basahi kain pel dengan ember yang berisi air dan lap semua bagian gebyok tersebut dengan kain pel. Jangan mengelap gebyok dengan kain pel yang terlalu basah. Anda bisa memeras air dari kain pel tersebut dan membersihkan gebyok. Gunakan kain kering untuk mengelap ukiran pada gebyok di rumah anda. Anda harus menyemprotkan cairan pembersih perabotan yang sudah disiapkan tadi. Jika gebyok sudah kering, maka anda bisa menyemprotkan lagi cairan tersebut hingga gebyok benar-benar bersih dan terlihat berkilau.

Ukiran pada Gebyok

Gebyok memang mempunyai ukiran dengan detail yang berbeda-beda. Anda bisa meminta tukang ukir untuk membuat ukiran yang sesuai dengan keinginan anda namun ukiran yang biasanya disukai oleh banyak orang adalah ukiran Jepara. Ukiran ini memang dapat menggambarkan keindahan khas Jawa Tengah pada sebuah gebyok kayu jati.