Arkana Jati & Interior

Aneka Model Kusen Pintu Jendela Kayu Jati

Aneka Model Kusen Pintu Jendela Kayu Jati

Kusen Pintu Jendela Kayu Jati

Mengenal aneka model kusen pintu jendela kayu jati, tentunya mempermudah Anda dalam memilih model kusen yang paling pas dan sesuai dengan rumah tersebut. Ulasan kali ini akan membahas tentang aneka model kusen pintu dan jendela dari bahan kayu jati yang dapat Anda pilih, dan tips memilih model kusen yang sesuai untuk rumah Anda.

Aneka desain kusen

Berikut ini adalah beberapa desain utama model kusen, yang dapat Anda pilih, untuk kemudian dikembangkan menjadi kusen pada rumah Anda. Model-model berikut ini pas untuk berbagai macam tema rumah dan pas digunakan pada kusen jendela dan pintu rumah.

  1. Arts and craft basic

Model pertama adalah Arts and craft basic, ini adalah model yang sangat sederhana sekali, dimana Anda hanya akan menggunakan 4 buah sisi, yang tanpa menggunakan desain apapun, atau polos.

  1. Arts and craft transom

Model kedua yang bernama Arts and craft transom ini mempunyai tambahan 3 buah kotak di dalam kusen, tepatnya di bagian paling atas. 3 buah kotak yang ada ini, dapat Anda isi dengan bahan kaca, atau tetap menggunakan bahan kayu jati.

  1. Arts and craft arch

Model ketiga adalah Arts and craft arch, inti model ini sama yaitu bingkai, namun dengan tambahan lengkungan di bagian atas. Lengkungan yang dibuat ini, tidak ada kaitannya dengan kusen utama, ini adalah kayu tambahan, yang sengaja dibuat untuk mempercantik kusen.

  1. Arts and craft 4 lite

Model keempat adalah Arts and craft 4 lite, model yang satu ini menampilkan sebuah kusen kemudian dibagi menjadi 4 bagian yang sama besarnya, dengan meletakkan kayu secara horizontal dan vertikal. Anda dapat mengisi bagian dalam kusen dengan kaca atau kayu lain.

  1. Craftsman basic

Model yang kelima adalah Craftsman basic, adalah sebuah bingkai persegi empat, dengan tambahan ukiran kayu berumpak di bagian atas, hal ini yang dibuat kusen seolah-olah mempunyai atap.

  1. Craftsman transom

Model keenam adalah Craftsman transom adalah kusen yang mempunyai tambahan 3 buah kotak di bagian atas kusen, dan tambahan ukiran berumpak di bagian paling atas.

  1. Craftsman arch

Model ketujuh adalah Craftsman arch adalah kusen yang mempunyai lengkung di dalam kusen itu sendiri. Sedang di bagian paling atas, diberikan ukiran mirip atap berumpak.

  1. Craftsman 4 lite

Model kedelapan adalah Craftsman 4 lite adalah kusen yang utuh yang diberi kayu vertical dan horizontal tepat di bagian tengah, yang membuat seolah-olah kusen dibagi menjadi 4 bagian. Sedang di bagian atas diberi ukiran mirip atap berumpak.

Tips memilih model kusen

Setelah mengetahui aneka desain dasar sebuah kusen, maka hal berikutnya adalah memilih model kusen yang dianggap tepat untuk rumah Anda. Berikut ini adalah tips memilih model yang tepat :

  1. Perhatikan tipe rumah

Perhatikan tipe rumah yang Anda miliki saat ini. Apakah Anda menggunakan rumah dengan model, minimalis, klasik, sederhana, modern, atau tipe lainnya. Hal ini penting untuk diperhatikan, guna mempermudah Anda memilih jenis model kusen yang tepat.

  1. Perhatikan desain kusen yang dipilih

Berikutnya Anda perlu memperhatikan desain kusen yang hendak dipilih. Seperti disebutkan di atas, setidaknya ada 8 desain kusen. Sebenarnya Anda dapat memilih salah satu diantara kedelapan desain kusen tersebut. Pilih salah satu yang dinilai tepat, dan sesuai dengan tipe rumah yang Anda miliki.

Kemudian kembangkan ide kusen tesebut pada tukang atau penyedia jasa kusen yang ada.

  1. Perhatikan budhet yang Anda miliki

Hal terakhir adalah memperhatikan budget yang Anda miliki saat ini. Kembangkan  ide desain yang Anda inginkan sesuai dengan budget yang ada. Misalnya saja Anda akan memilih model Craftsman transom untuk kusen jendela dan pintu rumah. Untuk pintu Anda dapat menggunakan 3 buah kaca buram di bagian atas, sedang pada bagian tengah dapat menggunakan kayu jati secara penuh dengan ukiran yang sederhana. Untuk jendela, Anda dapat menggunakan 3 buah kaca berukuran kecil di bagian atas, dan 1 buah kaca berukuran besar, yang dapat dibuka tutup, baik dengan cara didorong ke atas atau kedepan.

Demikianlah, beberapa ulasan mengenai aneka desain kusen pintu jendela kayu jati dan cara memilihnya.