Arkana Jati & Interior

HARGA KUSEN KAYU JATI PER METER RELATIF MAHAL, BUAT SENDIRI KUSEN KAYU JATI SEBAGAI ALTERNATIF

Harga kusen kayu jati per meter dengan kualitas kayu yang baik bisa dibilang cukup mahal karena memang dengan kualitas kayu jati yang baik tentu saja akan lebih bagus dan juga awet. Biasanya sebagian orang lebih memilih untuk membuat kusen sendiri karena budget yang dikeluarkan akan lebih minim, terlebih jika memiliki kayu jati sendiri. Kusen sendiri merupakan salah satu bagian dari rumah yang memiliki fungsi penting. Kusen sendiri pada dasarnya adalah suatu bagian dari dinding dari sebuah bangunan seperti rumah ataupun perkantoran yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakkan daun pada beberapa jenis pintu rumah ataupun jendela pada saat membangun ataupun merenovasi rumah.

Harga kusen kayu jati per meter 

Kusen dengan bahan kayu jati sendiri juga banyak dipilih oleh sebagian besar orang karena memang memiliki kualitas yang lebih baik dan juga terbilang lebih awet jika dibandingkan dengan bahan kayu yang lainnya. Dan untuk Anda yang memang memiliki kayu jati dan ingin membuat kusen sendiri, maka beberapa bahan yang Anda butuhkan adalah gergaji, kemudian meteran, pahat kayu, mistar plat, siku – siku, lem kayu, amplas kayu, martil kayu, martil kambing, paku kayu, pensil, kertas, mistar besi, kuas cat dan juga kayu jati tentunya. Setelah semua bahan dan peralatan tersebut terkumpul, maka berikut ini adalah beberapa langkah dari pengerjaan kusen kayu jati:

Membuat Sketsa Dan Pemotongan Kayu

Yang pertama adalah membuat sketsa dan juga memotong kayu, Anda bisa membuat sketsa dari kusen tersebut pada sebuah kertas dan ukurannya menggunakan pensil. Kemudian Anda perlu menentukan panjang dan juga lebar dari kusen sesuai dengan ukuran dari kebutuhan kusen pada rumah. Setelah sketsa tersebut sudah jadi, maka Anda bisa mengaplikasikan hasil dari pengukuran sketsa yang Anda buat tersebut di atas kayu jati. Dan sebelum Anda melakukan pemotongan pada kayu, maka sebaiknya tandai lebih dulu beberapa daerah yang nantinya akan dipotong menggunakan pensil. Setelah dirasa pas, maka potong kayu jati tersebut menggunakan gergaji. Pemotongan dari kayu jati tersebut dilaukan pada daerah yang mana sudah ditandai dan potong menggunakan gergaji secara agak cepat. Anda juga perlu berhati – hati agar nantinya memberikan hasil yang maksimal.

Membuat Sambungan Kupingan

Kemudian untuk langkah yang kedua adalah membuat sambungan kupingan, siapkan batang kayu sebanyak 2 buah, dan ukuran dari kedua buah batang kayu tersebut harus mempunyai ukuran yang sedang.  Dan pastikan ukuran dari panjang, lebar dan tinggi tepat agar nantinya lebih mudah dalam menyambungkan kupingannya. Setelah itu Anda bisa membuat lubang yang berukuran sedang untuk bisa menghubungkan kedua ujung dari kayu tersebut. pastikan keduanya betul – betul tersambung secara tepat dan kuat. Hal tersebut bertujuan agar nantinya tidak terlepas pada saat kusen tersebut disambungkan pada daun pintu ataupun jendela.

Menggambar Tanda

Lalu yang ketiga adalah menggambar tanda, Anda bisa menggambar garis miring pada bagian vertikal kayu dan juga ujung horizontal kayu agar nantiya pembuatan kusen tidak mengalami kesalahan. Setelah itu Anda pastikan tanda tersebut sudah jelas, jika memang sudah jelas, maka Anda bisa mulai untuk menggambar ambungan kupingannya menggunakan siku, pada permukaan kayu tersebut Anda bisa menggambar penanda lubang. Setelah lubang digambar secara akurat, maka Anda bisa membuat sudut dengan besaran sama pada kayu dan pastikan jika pembuatan sudut tersebut tepat.

Melubangi Kupingan

Setelah itu Anda bisa melubangi kupingan tersebut, Anda bisa memposisikan pahat di bagian kayu yang sudah terdapat tanda dengan posisi miring, setelah itu tancapkan pahat kayu tersebut pada atas permukaan kayu dan pastikan jika posisi dari kayu masih dengan posisi miring. Kemudian Anda perlu menahan pegangan tersebut menggunakan tangan agar nantinya tidak bergeser dari posisi sebelumnya. Anda juga bisa mengetuk ujung atas dari pegangan pahat kayu tersebut menggunakan martil kambing sampai kayu tersebut terlepas dari tempat semula.

Finishing Pembuatan Kusen

Kemudian Anda bisa menggergaji kupingannya, kemudian melakukan spooning ataupun menyerut kayu jati tersebut. Setelah proses tersebut selesai, maka Anda bisa mengelem kayu tersebut dan juga merakit kayu jati itu sendiri sebagai kusen. Dan untuk langkah yang terakhir adalah Anda perlu mengamplas kayu jati dari kusen tersebut agar nantinya lebih halus dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jadi itulah beberapa langkah dalam membuat kusen dari kayu jati yang bisa Anda coba jika memang memiliki kayu jati sendiri, hal tersebut akan membuat pengeluaran budget bisa diminimalisir, karena memang harga kusen kayu jati per meter cukup mahal. Namun untuk Anda yang memang tidak ingin repot, maka bisa membeli kusen kayu jati tersebut, dan untuk memastikan kualitas dari kusen kayu jati tersebut, maka Anda bisa melihatnya dari harga kusen kayu jati per meter.