Arkana Jati & Interior

INILAH CARA MEMBUAT KAYU PINTU KAYU JATI TAHAN RAYAP, BUBUK, AIR DAN CUACA

Saat ini untuk bikin pintu kayu jati ini dapat dilakukan dengan mudah bukan. Hal ini dikarenakan ada banyak jasa pengrajin kayu yang dapat anda ajak kerja sama. Bahkan untuk melakukan pemesanan pun dapat dengan dua cara. Yakni anda bisa melakukan pemesanan pintu kayu jati secara langsung atau juga online. Kemudahan dalam melakukan pemesanan pintu kayu jati ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi saat ini. Terbukti banyak sekali pelaku usaha yang memanfaatkan website sebagai salah satu media pemasarannya. Sehingga untuk anda yang memang sama sekali tidak memiliki informasi. Anda bisa memanfaatkan internet untuk mengumpulkan berbagai informasi terkait website ini. Meskipun mudah, tetap anda harus memilih secara selektif dan teliti guna mendapatkan layanan jasa pembuatan pintu kayu jati yang terbaik.

INILAH CARA MEMBUAT KAYU PINTU KAYU JATI TAHAN RAYAP, BUBUK, AIR DAN CUACA

3 Cara Membuat Kayu Pintu Kayu Jati Tahan Rayap, Bubuk, Air Maupun Cuaca

Seperti yang kita ketahui bersama, jika air, cuaca, dan rayap ini merupakan salah satu musuh terbesar kayu. Maka untuk melakukan cara membuat kayu tahan rayap agar bisa menghindarkan bahan pembuatan mebel ini. Apalagi di zaman sekarang ini, maka tidak banyak orang yang tahu terkait cara bagaimana untuk membuat kayu tahan terhadap hama. Padahal, anda ingin sekali di lihat secara detail bukan. Jika dibandingkan dengan masalah ketersediaan bahan dan trik. Guna untuk mengawetkan kayu jauh lebih banyak di era sekarang. Dimana orang zaman sekarang ini lebih memilih menyerahkan tugas sepenuhnya kepada para ahli seperti tukang kayu atau kontraktor. Bagi anda yang memiliki perabot atau kayu pintu jati. Agar tetap awet, maka ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan agar membuat kayu pintu jati ini tahap rayap dan awet diantaranya:

  1. Pemakaian cat kayu anti rayap

Hal yang perlu anda pertimbangkan agar kayu pintu kayu jati anda ini tahan lama. Maka anda perlu menggunakan cat untuk dipergunakan sebagai pelapis untuk bahan. Bahan yang dibuat sebagai mebel, kusen dan sejenisnya.  Untuk pewarna untuk bahan ini pun memang banyak sekali jenisnya. Yakni mulai dari bahan pelapis anti hama, vernis, cat biasa maupun pelitur. Nah, untuk pelapis ini sendiri yang disemprotkan. Seringkali digunakan pada saat bahan masih mentah, sebelum dibuat. Selain itu cat pelitur dan vernis yang digunakan. Sebagai salah satu finishing yang mampu mempercantik tampilan mebel.

  1. Pengasapan dan oven

Hal selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan adalah kayu ini perlu anda asapi. Hal ini pun merupakan salah satu cara yang digunakan oleh orang zaman dulu. Dimana pada zaman modern sepetri sekarang ini.  Untuk bahan pembuat perabot ini seringkali harus di oven dulu. Tentu saja memiliki tujuan untuk mengawetkan.

  1. Merendam kayu dengan lumpur

Agar bikin kayu jati ini kuat serta kokoh. Akan tetapi memang ada masalah yang sering dihadapinya. Yakni dengan penyakit yang membuat permukaannya pun menjadi tidak baik. Jika memang anda ingin hal ini tidak terjadi. Maka pastikan anda merendam jati di dalam lumpur. Selama setengah tahun sebelum di bentuk menjadi produk yang cukup bermanfaat.

Nah, selain 3 cara diatas anda bisa menemukan bahan yang bagus dan berkualitas. Dimana bahan – bahan ini pun tidak di sukai oleh rayap. Karena memiliki tekstur yang kuat dan kokoh.  Untuk bahan – bahan ini pun diantaranya ada bahan jati, sengon, meranti, ulin dll.

 

Leave a Comment