Arkana Jati & Interior

Ketahui Jenis Kayu Jati Yang Digunakan Untuk Membuat Pintu Kayu Jati

Pintu kayu jatiKayu jati memang merupakan salah satu jenis kayu yang terkenal dengan harganya sangat tinggi. Akan tetapi ada banyak orang yang jatuh cinta dengan kayu ini karena material nya membuat segala hal terlihat lebih mewah. Kenali lebih jauh mengenai kayu ini pada ulasan yang ada di bawah ini. Kayu merupakan salah satu material pembangun rumah yang sering dilihat dan digunakan. Eksterior dan juga interior rumah yang dibangun menggunakan kayu memang membuat hunian terlihat jadi mewah. Di Indonesia, pemakaian kayu digunakan pada banyak rumah adat di Indonesia. Desain dan model rumah adat juga kerap di terapkan di hunian biasa untuk menambahkan kesan tradisional. Ada berbagai macam jenis kayu yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan rumah. Jika anda penasaran dengan jenis-jenis dari kayu jati ini. Anda bisa membaca penjelasan kami di bawah ini.

Pintu kayu jati

Inilah Berbagai Jenis Kayu Jati Untuk Membuat Pintu

Tentunya jenis kayu yang ada di Indonesia memang banyak. Tentunya dengan karakteristik kayu yang berbeda-beda. Salah satu jenis kayu yang banyak digunakan adalah kayu jati. Perlu anda ketahui bahwa jenis dari kayu jati ini ada banyak sekali jenisnya. Membuat anda bisa memilih jenis kayu jati untuk membuat pintu sesuai dengan keinginan. Inilah berbagai jenis kayu jati untuk membuat pintu, seperti:

  • Kayu jati perhutani

Kayu jati perhutani bisa dikatakan bahwa ini merupakan jenis kayu jati yang paling spesial dan juga istimewa. Sebab jenis kayu jati yang satu ini dirawat langsung oleh pihak dinas perhutani. Masa pertumbuhan kayu jati perhutani juga sangat lama. Mulai dari 20 tahun sampai dengan ratusan tahun. Setiap penebangan kayu jati ini juga harus melalui seleksi terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa kayu sudah memiliki standar sesuai dengan perum perhutani atau belum. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa jenis kayu ini juga diawasi langsung oleh dinas perhutani. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas dari kayu jati tersebut. Bahkan tidak heran juga jika harga dari kayu tersebut sangatlah tinggi.

  • Kayu jati emas

Jenis kayu yang satu ini memang merupakan kayu yang paling banyak dibudidayakan dan dikembangkan oleh masyarakat. Karena jenis pohon kayu jati dari jenis ini memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dari kayu jati jenis lainnya. Hanya dalam kurun waktu 7 sampai dengan 15 tahun. Jenis pohon ini sudah tumbuh besar dan siap untuk ditebang. Dengan usia tersebut, jenis kayu ini sudah siap untuk digunakan dan dijadikan sebagai furniture. Seperti halnya meja, buffet, kursi, almari dan lain sebagainya.

  • Kayu jati rakyat

Kayu ini kebanyakan memiliki batang yang bengkok. Bahkan dari segi pertumbuhannya, jenis kayu ini memiliki masa pertumbuhan lebih lama dari jenis kayu jati emas. Dimana pertumbuhan kayu jati rakyat siap di tebang dan digunakan untuk produksi meubel. Mulai dari 15 tahun sampai dengan 25 tahun. Akan tetapi dengan lamanya masa tumbuh tersebut. Menjadikan pori-pori pada kayu jati jenis ini lebih padat apabila dibandingkan dengan kayu jati emas.

Nah, begitulah penjelasan kami mengenai setiap jenis kayu jati. Intinya yang terbuat dari jati perhutani. Akan tetapi pada dasarnya, kualitas dari jati ini sudah sangat baik dibandingkan kayu lainnya. Apabila anda membeli furniture, anda bisa menanyakan dan request kayu jati yang diinginkan. Mulai dari jenis dan juga grade nya.