Arkana Jati & Interior

Keunggulan Material Pintu Kayu Jati Dengan Metode Pengeringan Oven

Pintu kayu jatiPengeringan kayu memang menjadi salah satu tahapan paling penting dalam penggunaan kayu. Proses yang satu ini akan mengeluarkan banyak air dari dalam kayu. Sehingga kandungan airnya juga bisa ideal. Kadar air kayu tersebut pastinya akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada daya tahan, stabilitas dan juga berat dari kayu tersebut. Tidak heran jika proses yang satu ini sangat berperan pada beragam komponen pada kayu. Termasuk juga untuk kayu yang berkualitas baik. Seperti kayu jati, kayu meranti, kayu merbau dan berbagai jenis kayu solid lainnya. Anda pastinya sudah tahu bukan bahwa jenis dari kayu jati sangat beragam. Bisa disesuaikan dengan keinginan dan budget anda dalam pembuatan pintu kayu tersebut. Pilihlah kayu yang sudah kering, sehingga hasil produksinya juga akan maksimal. Karena perlu anda ketahui bahwa kayu yang sudah tua dan bahkan kering pastinya akan di banderol dengan harga yang sangat tinggi. Jadi tidak heran banyak orang yang tertarik untuk memesan kayu tersebut. Terutama bagi mereka yang memiliki cukup budget.

Pintu kayu jati

Inilah Keunggulan Bahan Kayu Yang Dikeringkan Dengan Cara Di Oven

Pengeringan kayu memang bisa dilakukan dengan metode manual. Bahkan juga bisa dilakukan dengan menggunakan oven. Pada artikel kami kali ini akan memberikan sedikit ulasan mengenai keunggulan pengeringan kayu menggunakan oven. Tentu saja ada banyak sekali kelebihannya jika dibandingkan dengan metode pengeringan kayu yang lainnya. Jika anda masih merasa penasaran dengan keunggulan mengeringkan kayu dengan oven. Maka anda bisa membaca beberapa hal ini, seperti:

  • Mengurangi berat maupun bobot kayu secara presisi

Dengan berkurangnya kandungan air yang ada di dalam kayu. Maka berat atau bobot dari kayu tersebut akan berkurang. Hal ini tentunya tidak hanya menguntungkan dari segi beban. Melainkan juga dari segi ongkos.

  • Menambah segi estetik kayu

Pengeringan kayu selain menguntungkan secara fungsional. Tentu saja juga menguntungkan dari segi nilai estetikanya. Kayu yang sudah melewati proses pengeringan. Terutama pada proses pengovenan akan memiliki warna lebih cerah atau terang.

  • Mencegah jamur

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jamur sangat tertarik dengan material alam. Pastinya yang lembap atau memiliki kandungan air tinggi. Dengan mengurangi kadar air pada kayu tersebut. Maka kita juga bisa mencegah adanya jamur serta bubuk kayu. Karena hal tersebut akan membuat material dari kayu tidak tahan lama.

  • Menjaga kestabilan dimensi kayu

Dengan perubahan cuaca yang terjadi. Maka material kayu tersebut juga bisa mendapatkan pengaruh yang sangat signifikan. Termasuk juga dengan penyusutan dan juga mengembang. Akan tetapi jika kayu tersebut sudah mendapatkan kadar air yang ideal. Maka efek kembang susut dari perubahan cuaca tersebut dapat diatasi dengan baik. Jadi kayu yang digunakan untuk membuat pintu tersebut bisa dipastikan berkualitas.

  • Menambah kekuatan kayu

Semakin rendah atau ideal kadar air pada material kayu tersebut. Maka kekuatan dari kayu tersebut juga semakin tinggi. Pengeringan dengan metode oven tersebut memberikan kesempatan untuk bisa mengatur kandungan dari kayu tersebut secara tepat.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai keunggulan kayu yang dikeringkan dengan cara di oven, Semoga penjelasan kami diatas bermanfaat dan benar-benar membantu anda mendapatkan kayu yang berkualitas terbaik. Sehingga nantinya anda bisa mendapatkan pintu kayu jati kualitas unggulan. Percayakan kebutuhan kayu jati tersebut pada pengrajin yang sudah handal dan juga kompeten. Sehingga seperti apapun pintu kayu yang anda butuhkan semuanya akan dikerjakan secara maksimal.