Mengapa Pintu Utama Kayu Jati Harganya Mahal?

Mengapa Pintu Utama Kayu Jati Harganya Mahal?

Pintu Utama Kayu Jati

Pintu utama kayu jati adalah pintu rumah bagian depan yang terbuat dari kayu jati. Pintu bagian depan rumah menjadi pintu utama sebab menjadi gerbang yang menyambut orang yang datang dari luar rumah untuk dapat masuk ke dalam rumah sehingga dengan demikian pintu depan menjadi pintu utama yang menghubungkan bagian luar rumah dengan bagian dalam rumah. Dalam membuat pintu utama ini maka bahan yang digunakan bisa berbagai macam dan pada saat ini sebenarnya bahan kayu jati tidak begitu umum digunakan seperti dulu, meski tentunya popularitas dari pintu berbahan kayu jati sampai saat ini tidak pernah surut namun hal itu tidak terus menyebabkan penjualan dan penggunaan kayu jati pada pintu rumah menjadi menanjak seperti dulu. Justru terjadi penurunan dalam penjualan kayu jati belakangan ini, karena semakin lama harga dari kayu jati itu menjadi semakin tinggi sehingga hal tersebut menjadikan kayu jati tidak begitu laku terjual karena mahalnya harganya tersebut.

Jika Anda tertarik dengan penggunaan kayu jati untuk rumah Anda namun merasa tidak siap dengan harganya maka sebenarnya Anda pun bisa menggunakan bahan kayu lainnya untuk melengkapi rumah Anda namun tentunya kualitas kayu jati dengan kayu yang lain tentu tidak bisa disamakan. Untuk soal kualitasnya maka kayu jati bisa dikatakan menempati urutan atas sebagai kayu yang berkualitas. Tidak hanya di Indonesia saja yang senang menggunakan kayu jati sebagai bahan utama dalam rumahnya, namun kayu jati juga telah sejak lama dijual ke berbagai Negara karena terkenal dengan kualitas dan keindahannya yang tidak sama seperti bahan kayu lainnya. Namun apakah sebenarnya yang membuat pintu yang berbahan kayu jati itu menjadi begitu mahal harganya? Untuk dapat menjawab pertanyaan Anda tersebut maka di bawah ini terdapat beberapa hal yang menyebabkan harga kayu jati untuk pintu rumah menjadi sangat mahal:

Ketahanannya Berbeda Dengan Kayu Lainnya

Pada dasarnya orang yang menggunakan berbagai macam benda yang terbuat dari kayu merasa takut jika suatu saat nanti kayu tersebut akan lapuk karena dimakan rayap. Namun dengan menggunakan kayu jati hal itu tidak akan terjadi karena rayap yang dikenal sangat menyukai berbagai macam bahan kayu justru ternyata sama sekali tidak menyukai bahan kayu jati sehingga dengan demikian tentunya hal itu menjadi salah satu kelebihan yang membuat kayu jati memiliki harga yang mahal. Selain bebas dari rayap, memang ketahanan dari kayu jati ini berbeda jauh dengan kayu yang lainnya. Sehingga saat Anda menggunakan kayu jati sebagai bahan dari pembuatan pintu rumah Anda maka Anda akan bisa menggunakan pintu rumah Anda dalam waktu yang lama. Apalagi memang kayu jati memang memiliki ketahanan yang sempurna dan tidak akan mudah lapuk meski terjadi perubahan cuaca sekali pun. Sehingga dengan demikian wajar saja jika kayu jati memiliki harga yang mahal.

Keindahan Dari Kayu Jati

Jika jenis kayu lainnya harus melalui berbagai macam proses untuk menjadikannya indah maka lain halnya dengan kayu jati yang memang pada dasarnya sudah indah secara alami. Mulai dari serat kayunya sampai warna alami dari kayu jati ini memang sangat indah. Sehingga tanpa dilakukan pengecatan sekali pun maka kayu jati yang Anda gunakan memang sudah memiliki warna yang indah. Oleh karena itulah bahan kayu jati tidak hanya terkenal sebagai bahan pintu utama kayu jati, namun juga terkenal untuk dibuat menjadi berbagai bahan furniture rumah yang semuanya tentunya kokoh dan menarik. Ditambah dengan daya tahannya tadi membuat kayu jati menjadi memiliki harga yang mahal. Di mancanegara pun sudah sangat mengakui tentang kebaikan dari kayu jati yang membuat harganya menjadi tinggi.

Mudah Dikerjakan

Ditambah lagi meski nampak tebal dan kokoh ternyata bahan kayu jati sangat mudah dipotong dan dibentuk, oleh karena itulah banyak sekali kayu jati yang diukir menjadi berbagai macam ukiran yang mendetail, karena memang permukaan kayu jati yang mudah dibentuk itu tentunya menjadi kekuatan dari kayu jati untuk dibentuk menjadi ukiran yang detail begitu juga pada pintu utama kayu jati.