Arkana Jati & Interior

Model Daun Pintu Jati Sebagai Inspirasi Pembuatan Pintu Utama Rumah Anda

Model Daun Pintu Jati Sebagai Inspirasi Pembuatan Pintu Utama Rumah Anda

Model Daun Pintu Jati

Model daun pintu jati menjadi pilihan bagi banyak pemilik rumah karena karakteristik yang dimilikinya. Pintu sendiri ialah tempat keluar masuk rumah sekaligus pengaman saat penghuni berada di dalamnya, sebab bisa dikunci untuk mencegah orang asing masuk. Selain dua fungsi tersebut, pintu juga dapat dijadikan penghias sebuah rumah supaya tampilannya lebih cantik. Sekarang ini, ada berbagai pintu yang dibuat dengan aneka bahan, salah satunya kayu jati.

Model Pintu Kayu

Pintu yang berbahan utama kayu sering digunakan sebagai pintu utama dalam sebuah rumah. Sebab, model pintu tersebut sangat cocok dipasang di rumah dengan konsep apapun. Apalagi pintu kayu mempunyai kesan yang kokoh dan elegan. Pintu ini bisa dilapisi cat alami supaya terlihat kuat. Berbagai motif dan ukuran dihadirkan oleh pintu kayu guna membuat tampilan rumah Anda menjadi daya tarik.

Ada beberapa jenis kayu yang umumnya digunakan sebagai bahan pintu, yakni:

–       Kayu jati, terkenal sangat kuat, kokoh dan tahan lama sebagai material pintu rumah. Tak hanya itu, kayu jati juga banyak digunakan untuk membuat furnitur, seperti lemari, kursi, meja dan sebagainya. Pintu dan furnitur yang berbahan kayu jati biasanya sanga awet, bahkan hingga puluhan tahun.

–       Kayu ulin, biasanya dipakai untuk pintu dan pagar rumah, yang dikombinasikan dengan kayu lain serta metal.

–       Kayu damar, sering digunakan untuk kusen pintu serta bagian dalam daun pintu.

–       Kayu cengah, memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk menahan cuaca.

–       Kayu mahoni, seperti kayu jati, kerap dipakai sebagai bahan pintu rumah. Kayu mahoni juga bisa menjadi bahan pembuat kusen, kasau dan jendela.

Tips Memilih Model Daun Pintu Kayu Minimalis

Berikut ini tips memilih model daun pintu untuk konsep rumah minimalis:

  1. Pilih Jenis Kayu yang Tepat

Sebetulnya, kayu-kayu yang memiliki tekstur keras bisa digunakan sebagai bahan pintu rumah, terutama pintu bagian depan. Kayu tersebut harus kuat, kokoh dan tahan terhadap cuaca serta kondisi di luar rumah. Jika kayu yang digunakan berkualitas, pintu tidak akan mudah keropos dan rusak. Jenis kayu yang direkomendasikan adalah kayu jati, kayu mahoni, kayo sonokeling dan kayu kampre.

  1. Hindari Kayu yang Mempunyai Belang

Perhatikan model daun pintu jati yang hendak dipilih. Kondisi kayu akan memperlihatkan kualitas pintu tersebut. Hindarilah jenis pintu kayu yang belang, walaupun desain dan motifnya membuat Anda senang. Kayu yang mempunyai belang putih, terutama di bagian pinggirannya bisa menjadi sasaran para rayap.

  1. Tingkat Kekeringan Kayu

Tingkat kekeringan kayu mempengaruhi kualitas pintu Anda. Hindari pintu yang berbahan kayu basah, sebab kadar air di dalamnya pasti sangat tinggi. Itu bisa menyebabkan pintu rumah beresiko melengkung dan posisinya berubah, tidak sesuai dengan kusen pintu. Bila demikian, akan menyusahkan Anda untuk membuka serta menutupnya.

  1. Ukuran Tebal Pintu

Supaya pintu kayu benar-benar kuat dan kokoh, pertimbangkan untuk memilih pintu yang mempunyai ketebalan 3,5-4 cm.

  1. Desain Pintu

Jika Anda menyukai segala sesuatu yang indah dan tampak serasi, terutama untuk sebuah hunian, desain pintu harus benar-benar diperhatikan. Pilihlah desain pintu yang cocok dengan konsep rumah Anda, misalnya bila rumah berkonsep minimalis, gunakan pintu yang mengusung konsep sama. Biasanya, desain pintu kayu minimalis memiliki model yang sederhana, tapi tetap terlihat elegan.

  1. Sesuaikan Fungsi

Agar pintu bisa dimaksimalkan penggunaannya. Anda harus menyesuaikan pintu dengan fungsinya. Jadi, jika ruangan tidak terlalu luas, sebaiknya pertimbangkan pintu sliding atau pintu model geser. Dengan memilih pintu tersebut, Anda bisa memaksimalkan ruangan-ruangan di rumah yang tidak terlalu luas supaya tidak memakan banyak space.

  1. Disesuaikan Dengan Kondisi Taman

Area depan rumah yang menarik merupakan kesan pertama yang dilihat orang lain mengenai kondisi rumah Anda. Oleh sebab itu, elemen-elemen seperti taman, pintu dan sekitarnya harus diperhatikan supaya bisa menjadi daya tarik bagi mereka. Sesuaikan desain dan model pintu dengan bagian depan rumah.

Jenis dan bahan pintu sangat beragam, sehingga Anda bisa memilih yang paling baik dan sesuai untuk kondisi rumah. Tapi, salah satu material yang sangat awet ialah kayu jati. Jadi, apabila Anda bingung dalam menentukan pilihan pintu rumah, sebaiknya pertimbangkan model daun pintu jati.

WhatsApp chat