Arkana Jati & Interior

PEMILIHAN WARNA KUSEN JATI MINIMALIS PALING TEPAT

Memilih warna kusen jati minimalis. Walaupun tampak tak terlalu penting, akan tetapi kehadiran kusen dalam rumah bisa menambah nilai keindahan tersendiri pada tampilan rumah Anda. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai nilai dekorasi eksterior saja, akan tetapi kehadiran kusen juga dapat mempercantik desain interior di rumah Anda. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam kusen jendela adalah pemilihan warna yang ada pada kusen rumah Anda. Pemilihan warna memang tak bisa asal-asalan dan sembarangan, sebab ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan.

Pemilihan jenis warna yang tidak tepat justru dapat menjadikan tampilan di rumah Anda tidak menarik. Di samping itu, tiap-tiap jenis bahan kayu yang dipakai tentunya mempunyai karakter yang berbeda satu dengan yang lainnya, dengan begitu tak bisa disamakan dengan bahan lainnya. Bila kusen pintu dan jendela rumah Anda memakai bahan kayu, tentu saja Anda dapat memberikan warna-warni yang natual agar lebih menojolkan sisi alami di bagian tersebut. Dengan begitu kesan yang ditimpulkan pada jendela rumah pun akan lebih sejuk dan alami untuk dipandang.

 kusen jati minimalis

Pemilihan Warna Sesuai Dinding Rumah

Pewarnaan kusen pintu dan jendela rumah juga harus Anda sesuaikan dengan warna dinding rumah. Umumnya konsep yang dipakai muda maupun tua. Antara pintu dan jensela selalu memakai warna-warni yang sama sehingga tampak serasi terlihat. Jarang dijumpai jika warna pintu dan kusen memiliki pola warna berbeda. Hal tersebut disebabkan bahan yang dipakai antara kusen dan pintu umumnya sama. Seperti misalnya, bila dinding rumah dipadukan warna biru muda umumnya warna kusen dan pintu rumah pun berwarna biru tua. Bisa juga dengan mengkombinasikan warna-warna tersebut, dengan begitu tampilan eksterior rumah menjadi lebih cantik. Prinsip penggunaan warna kusen rumah minimalis yaitu terbentuknya harrmonisasi antara satu dengan yang lainnya serta tak saling bertabrakan.

Khusus untuk warna kusen jati minimalis maupun kayu lainnya dengan tampilan tekstur dan serat yang menarik, tentu lebih baik lagi bila pewarnaannya tak memakai cat. Anda dapat memakai pelitur sebagai pelapis kayu kusen yang digunakan. Serat-serat yang unik pada kayu tersebut memiliki daya tarik tersendiri untuk rumah Anda. Dengan begitu, nantinya akan lebih menampilkan sisi natural dan alami pada kusen rumah Anda.

Macam-Macam Cat Untuk Lapisan Kusen Rumah

Ada beberapa macam cat yang dapat digunakan sebagai pelapis kusen rumah Anda, diantaranya :

  • Pelitur, dimana jenis cat yang satu ini sering dipakai secara khusus sebagai lapisan kusen dengan serat-serat kayu yang menarik. Pemakaian cat ini bertujuan menonjolkan sisi natural dan alami pada kusen rumah Anda. Cat yang satu ini juga sangat ideal digunakan di area luar ruangan. Sebab jenis cat yang satu ini tak dapat terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Cat minyak, merupakan jenis cat yang menjadikan permukaan kusen kayu tertutup sempurna. Pengolesannya sendiri umumnya memakai kuas. Dengan pilihan warna yang sangat banyak serta dapat disesuaikan dengan jenis warna yang diterapkan pada dinding rumah. Pengerjaan cat minyak ini juga sangat singkat dan tak terlalu rumit.
  • Melamik, merupakan jenis cat yang sama seperti pelitur hanya saja pemakaiannya untuk interior rumah. Pengaplikasian cat melamik juga berbeda yakni dengan cara disemprotkan. Umumnya bahan cat yang satu ini lebih mudah masuk pada serat-serat kayu.
  • Duco, merupakan jenis cat yang hampir sama seperti cat minyak namun proses pengerjaannya sangat berbeda. Penggunaan cat ini melalui cara penyemprotan, dengan begitu waktu pengerjaannya pun lebih lama.
  • Poly uretan atau PU, tidak jauh berbeda dengan melamin tapi sayangnya cat yang satu ini hanya dapat menutup bagian pada permukaan kayu. Tak sampai meresap hingga ke bagian dalam serat kayu. Pengaplikasiannya juga sama seperti melamik yakni dengan disemprotkan.

Pemilihan Warna Kusen Kayu Rumah Minimalis

Untuk pemilihan jenis warna pada kusen kayu rumah minimalis, khususnya untuk kayu jati sendiri bisa menggunakan warna cokelat. Belum lagi detail yang terdapat pada serat-serat kayu tampak jelas sehingga menjadikan tampilan pada rumah pun terkesan lebih alami. Selain itu, Anda juga dapat mengkoombinasikan warna kusen jati minimalis sesuai dengan warna pada dinding rumah manapun yang diinginkan.