6 Cara Memilih Pintu Ukiran Kayu Jati dengan Kualitas Terbaik

6 Cara Memilih Pintu Ukiran Kayu Jati dengan Kualitas Terbaik

Pintu Ukiran Kayu Jati

Pintu ukiran kayu jati saat ini banyak dipilih masyarakat untuk mempercantik penampilan rumah mereka. Bukan hanya membuat rumah menjadi semakin cantik, pintu ukiran dengan bahan dari kayu jati juga dapat meningkatkan eksistensi dari si pemilik rumah. Tidak bisa dipungkiri, kayu jati tetap menjadi bahan terbaik dalam pembuatan meubel rumah tangga, termasuk pintu. Terlebih, jika kayu tersebut diukir dengan desain yang menarik. Semakin rumit ukiran yang dibuat, tentu saja membuat harga dari pintu itu sendiri menjadi semakin mahal. Nah, jika Anda termasuk orang yang sangat menggemari pintu ukiran dengan dengan bahan kayu jati, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda jadikan panduan untuk memilih pintu ukiran kayu jati dengan kualitas terbaik.

  1. Pilihlah Bahan Kayu Jati yang Tidak Mempunyai Retakan

Pada saat memilih pintu dari kayu jati, periksalah permukaan dari kayu tersebut. Atau, jika memungkinkan, lihatlah permukaan kayu yang baru akan digunakan untuk membuat pintu. Pastikan permukaannya halus dan tidak terdapat retakan sedikit pun. Sebab, kayu dengan retakan membuat ukiran yang akan dibuat menjadi tidak bagus. Selain itu, lubang yang diakibatkan retakan dapat menjadi tempat bagi serangga kecil untuk bersarang hingga menimbulkan bubuk.

  1. Pilihlah Bahan Kayu Jati yang Mempunyai Pola Serat Halus dan Lurus

Pada umumnya, kayu jati dengan kualitas bagus mempunyai pola serat yang halus dan lurus. Ya, secara kasat mata, Anda bisa langsung mengenali kualitas sebuah kayu jati dari serat yang nampak pada kayu tersebut. Semakin halus dan lurus pola serta yang ditunjukkan, semakin bagus pula kualitas dari kayu jati tersebut.

  1. Pilihlah Bahan Kayu Jati yang Mempunyai Warna Coklat Merata

Warna dari kayu jati juga bisa menjadi indikator berkualitas tidaknya kayu tersebut. Semakin merata warna yang ditunjukkan, semakin berkualitaslah kayu jati tersebut. Biasanya, kayu jati dengan kualitas tinggi berwarna kecoklat-coklatan yang merata, tanpa adanya corak warna lain, misalnya putih atau warna lebih terang dan di beberapa bagian. Perlu diketahui, kayu dengan warna belang-belang akan menjadi tempat nyaman bagi rayap untuk tinggal. Nah, agar Anda mengetahui warna asli dari kayu jati yang digunakan, sangat disarankan untuk melihatnya sebelum dilakukan pewarnaan (finisihing). Sebab, saat kayu jati sudah mengalami proses finishing, warna belang bisa berubah menjadi rata.

  1. Pilihlah Bahan Kayu Jati yang Tidak Memiliki Mata

Kayu yang mempunyai mata, biasanya diperoleh dari batang yang mempunyai cabang. Untuk mendapatkan pintu kayu jati yang bagus, hindari penggunaan bahan kayu jati yang mempunyai mata kayu seperti ini. Sebab, di daerah mata ini biasanya akan lebih mudah untuk patah atau retak.

  1. Pilihlah Bahan Kayu Jati yang Benar-Benar Kering

Agar pintu yang Anda pesan mempunyai ukuran tepat dalam kondisi apa pun, sebaiknya pastikan benar-benar bahwa bahan kayu jati yang digunakan sudah kering. Sebab, kayu yang masih basah atau mempunyai kadar air yang tinggi di dalamnya, dalam beberapa waktu ke depan, kayu menjadi mudah melengkung. Akibatnya, Anda akan mengalami kesulitan saat membuka atau menutupnya karena ukuran pintu sudah tidak pas lagi dengan kusen yang ada. Tidak hanya itu, kadar air yang ada dalam kayu biasanya berupa getah yang bisa keluar meskipun sudah dibentuk menjadi sebuah pintu. Akibatnya, warna pintu menjadi tidak indah lagi karena terkena getah yang keluar dari bahan kayu itu sendiri.

  1. Pilihlah Pintu yang Mempunyai Kerapian Pengerjaan

Tidak semua pekerja kayu mempunyai kemampuan untuk menghasilkan meubel dengan hasil rapi. Agar pintu yang Anda inginkan sedap dipandang mata dan tentu saja berkualitas tinggi, pilihlah pekerja kayu yang andal sehingga pintu yang Anda inginkan sangat rapi. Sebagus apa pun bahan yang digunakan, jika hasil finishing tidak rapi, tetap tidak akan memberi nilai lebih bagi tampilan rumah Anda.

Itulah enam cara yang perlu Anda perhatikan untuk memilih pintu ukir yang terbuat dari bahan kayu jati. Cukup merepotkan, memang. Namun, itu akan lebih baik daripada Anda harus menanggung kerugian karena pintu tidak bertahan lama, secara harga pintu dari kayu jati sangatlah mahal. Untuk itu, perhatikan benar-benar cara memilih pintu ukiran kayu jati  yang berkualitas di atas.

Untuk informasi lengkapnya bisa menghubungi arketing Arkana Jati dibawah ini :
CS : 083869446887

Email :
[email protected]