Arkana Jati & Interior

Cara Membedakan Kualitas Pintu Kayu Jati

Pintu kayu jatiMembedakan kualitas dari mebel jati memang bukanlah hal yang mudah bagi anda. Terutama bagi anda yang tidak memiliki pengetahuan dalam dunia pengolahan kayu. Bagaimana tidak, kita ambil contoh saja. Kayu jati yang memiliki kualitas jelek bisa di sulap menjadi bagus di tangan tukang finishing handal. Jika anda ingin mendapatkan pintu kayu yang kualitasnya baik. Akan lebih baiknya jika anda tahu cara membedakan kualitas dari pintu kayu jati itu seperti apa. Mengingat pengrajin kayu juga ada banyak. Mereka pastinya memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang perlu anda pertimbangkan ulang. Jangan sampai anda langsung tergiur dengan tawaran harga pintu murah. Karena perlu diketahui bahwa kayu jati ini merupakan salah satu jenis bahan dengan kualitas unggulan. Sehingga tidak heran jika di banderol dengan harga tinggi. Jika anda ingin tahu bagaimana cara membedakan kualitas pintu kayu yang baik dan tidak. Maka anda bisa membaca dulu penjelasan kami mengenai cara membedakan kualitas dari pintu kayu jati tersebut dibawah ini.

Pintu kayu jati

Ingin Tahu Perbedaan Pintu Kayu Jati Berkualitas Dan Tidak? Inilah Penjelasannya

Anda pasti menginginkan pintu kayu yang berkualitas unggulan bukan. Sehingga nantinya pintu kayu di rumah anda bisa bertahan lama. Inilah berbagai cara membedakan pintu kayu berkualitas dan tidak, seperti:

  • Lihat serat kayunya

Jenis kayu yang bisa digunakan untuk membuat pintu kayu memang ada banyak. Seperti halnya dengan kayu jati ini. Pastikan anda memilih kayu jati dengan serat kayu terbaik.

  • Lihat latar papannya

Cara membedakan kualitas mebel atau pintu kayu yang berkualitas dan tidak selanjutnya adalah dengan melihat latar belakang papannya. Kayu yang berkualitas pastinya hasilnya juga berkualitas terbaik.

  • Lihat konstruksi nya

Konstruksi ini hubungannya sama kemampuan tukang kayu yang efeknya adakah kekuatan dari kerajinan kayu tersebut. Pengrajin kayu yang baik pastinya akan memperhatikan seperti ini.

  • Lihat finishing nya

Cara membedakan kualitas mebel jati yang selanjutnya adalah dengan melihat hasil akhir dari finishing kayu tersebut. Kualitas finishing produk mebel dipengaruhi bahan serta kemampuan pekerjanya. Jadi pastikan anda melihat finishing dari pintu kayu tersebut.

  • Lihat banyaknya cacat alami kayu

Mata kayu memang ada dua jenis, pertama adalah mata hidup yaitu berasal dari bakal cabang yang tidak jadi tumbuh. Cacat seperti ini bisa di toleransi. Karena hampir tidak ada risiko pecah maupun copot. Sedangkan mata kayu yang kedua adalah lawannya hidup. Dimana mata kayu tersebut mati, berasal dari bekas cabang yang masih hidup. Ukurannya besar jadi memiliki risiko patah maupun copot lama-kelamaan. Jika bisa lebih baik jangan membeli mebel yang ada mata seperti itu.

  • Pemakaian hardware

Memang ini bukan poin utama yang dapat menentukan kualitas mebel jati. Akan tetapi ini bisa jadi indikasi apakah mebel yang akan anda beli tersebut berkualitas atau tidak. Anda tidak mau jika membeli pintu kayu yang kayu dan finishing nya bagus. Akan tetapi pada akhirnya pintu tersebut mudah rusak. Ada banyak sekali jenis hardware yang digunakan dalam pembuatan mebel kayu ini.

Jadi itulah berbagai cara membedakan pintu kayu berkualitas dan juga tidak. Jika anda ingin pintu kayu jati di rumahnya memiliki kualitas unggulan serta tahan lama. Akan lebih baiknya jika anda mempertimbangkan beberapa cara yang kami jelaskan diatas. Semoga ulasan kami ini bisa membantu anda mendapatkan pintu kayu yang benar-benar memiliki kualitas unggulan.