Model Kusen Pintu dan Jendela Kayu Jati Untuk Konsep Rumah Modern

Model Kusen Pintu dan Jendela Kayu Jati Untuk Konsep Rumah Modern

Jendela Kayu Jati

Model kusen pintu dan jendela kayu jati. Kusen merupakan bingkai yang digunakan untuk pemasangan pintu dan jendela dalam bangunan rumah. Umumnya model kusen pintu maupun jendela sendiri terbuat dari berbagai macam jenis atau bahan yang digunakan. Untuk itu sebagai pemilik rumah, Anda harus memilih bahan yang tepat sesuai denngan konsep dan kualitas bahan yang diinginkan pada rumah Anda.

Bahan-bahan Untuk Model Kusen Pintu dan Jendela

Ketika memilih kusen pintu maupun jendela, Anda perlu memperhatikan jenis atau bahan kerangka tersebut itu sendiri. Bahan yang berkualitas dan kuat tentunya membuat kaca jendela dan daun pintu kaca rumah akan tahan lama. Di samping itu, Anda pun perlu meperhatikan ketebalan kusen tersebut. Tingkat ketebalan kerangka dapat disesuaikan dengan ketebalan dinding dan material pabrikasinya. Sehingga pembuatan dan pemasangan kusen pun membuat keamanannya lebih terjamin.

Kini ada tiga material atau bahan kusen yang banyak digunakan sebagai bahan kusen jendela da pintu rumah, diantaranya uPVC, alumunium dan kayu. Akan tetapi Anda harus memperhatikan material tersebut sebab setiap bahan kusen yang digunakan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Di samping itu, harga jualnya pun berbeda-beda. Untuk itu, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan biaya yang Anda miliki. Berikut beberapa ulasna mengenai bahan-bahan model kusen pintu dan jendela rumah :

  • Kusen Berbahan Aluminium

Aluminium dikenal sebagai bahan yang anti serangan rayap dan keropos. Kelebihan lain penggunaan aluminium ini yaitu materialnya yang tak mudah berubah bentuk atau menyusut akibat perubahan cuaca. Walaupun tak memberikan kesan alami, Anda tetap bisa berkreasi dengan cara memulasnya menggunakan warna-warna yang bervaiasi. Selain itu, Anda juga dapat membuat desain secara khusus pada kusen aluminium yang dipilih.

Aluminium dikenal juga sebagai material yang berbobot ringan, dengan begitu dapat dibawa kemana saja dengan mudah. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati ketika memilih bahan ini di toko-toko sebab aluminium yang memiliki kualitas rendah lebih mudah memuai serta dapat mempengaruhi kusen rumah Anda. Di samping itu, pemasangan kusen akuminium cukup rumit sebab masih memerlukan penyekat karet.

  • Kusen Berbahan uPVC

uPVC merupakan singkatan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Bahan material ini sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kusen serta dibuat sesuai kebutuhan konsumen. Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh bila menggunakan kusen uPVC tersebut diantaranya adalah tak mudah menyusut atau memuai, bisa meredam suara, perawatannya cukup mudah dan tahan bocor. Hanya saja uPVC memiliki beberapa kelemahan yang harus diperhatikan, seperti pemesanan ukuran jendela yang mesti disesuaikan dengan ukuran dan bentuk jendela Anda. Hal tersebut membuat bahan uPVC tak memiliki ukuran standar, dengan begitu bila Anda hendak memakai jendela yang cocok sesuai keinginan, maka Anda wajib memesan terlebih dulu.

  • Kusen Berbahan Kayu

Kayu merupakan material paling banyak dipakai sebagai pembuatan furniture, khususnya sebagai pembuatan kusen. Bahan material ini bisa dikatakan lebih fleksbel sebab bisa diaplikasikan untuk desain rumah berbeda-beda, diantaranya desain rumah tradisional, klasik dan modern. Beberapa macam kayu juga meiliki sifat mudah dibentuk, dengan begitu semakin mempermudah pengrajin kayu atau tukang kayu dalam pembuatannya. Biasanya jenis kayu berkualitas sudah melalui proses pemanasan menggunakan oven secara optimal.

Model kusen pintu dan jendela kayu jati cocok dipakai sebagai material pembuatan pintu rumah terutama bagi Anda yang ingin mendapatkan kesan natural. Anda bisa mengatur suhu rumah supaya tetap stabil. Bila Anda memillih bahan kayu sebagai material kusen pintu dan jendela, maka Anda perlu melakukan perawatan berkala sebab ada beberapa jenis bahan ini yang tidak anti terhadap serangan rayap serta mudah lapuk karena terpaan panas matahari atau hujan.

Diantara ketiga bahan tadi, tentu memilih model kusen pintu dan jendela kayu merupakan pilihan paling tepat untuk Anda. Karena kayu merupakan salah satu bahan yang terkesan natural. Adapun untuk memilih jenis bahan kayu yang berkualitas dan anti rayap, Anda dapat memilih model kusen pintu dan jendela kayu jati. Karena kayu jati tergolong ke dalam jenis kayu yang anti rayap dan berkualitas tinggi. Meskipun harga jualnya lebih mahal dibandingkan jenis kayu yang lainnya.