Tips Memilih dan Menggunakan Kusen Jendela Kayu Jati

Tips Memilih dan Menggunakan Kusen Jendela Kayu Jati

Kusen Jendela Kayu Jati

Walaupun terbilang mahal, tapi kusen jendela kayu jati, tetap menjadi salah satu primadona dalam dunia pertukangan. Alasannya sangat sederhana, karena jenis kusen yang satu ini awet, dan cara menggolahnya juga cukup mudah.  Jika dibandingkan dengan bahan kayu lainnya, kayu dari jenis jati ini memang memiliki beberapa keunggulan, mulai dari awet, seratnya yang padat, juga mudah digunakan untuk berbagai macam industri pertukangan, salahs atunya adalah kusen. Ada banyak sekali model kusen yang dapat dibuat menggunakan bahan kayu jati tersebut. Untuk Anda yang ingin menggunakan kusen dari bahan kayu jadi, sebaiknya memperhatikan beberapa tips memilih dan bagaimana menggunakan kusen dari kayu jati tersebut :

  1. Perhatikan jenis kayu jati yang akan digunakan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih kusen dari kayu jati ini adalah, memperhatikan jenis kayu jati yang hendak digunakan. Setidaknya ada 3 jenis kayu jati yang biasanya digunakan untuk membuat kusen, antara lain, jati rakyat, jati emas dan jati perhutani. Masing-masing jenis kayu jati ini memiliki karakter dan tekstur yang berbeda-beda. Sebut saja, bahan kayu jati rakyat, mempunyai tekstur yang kuat, namun mempunyai banyak cabang. Kemudian kayu jati emas, mempunyai batang yang lurus, namun memiliki pori-pori yang cukup besar. Lain lagi dengan kayu perhutani, jenis kayu ini memang lebih unggul dibandingkan dengan jenis kayu jati lainnya, hanya saja jenis kayu ini mempunyai harga yang lebih mahal, dibandingkan kayu jati lainnya.

Anda dapat memilih jenis kayu jati yang dinilati tepat, dan pas untuk kusen jendela yang hendak digunakan.

  1. Perhatikan model kusen yang akan digunakan

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah masalah model kusen kayu yang akan digunakan. untuk hal ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

–                      Pastikan kusen kayu tersebut mempunyai model atau desain yang sama dengan model kusen pintu.

–                      Pastikan model pintu dan juga kusen jendela sesuai dan pas dengan tema rumah. Misalnya saja , jika tema rumah Anda adalah minimalis, maka sebaiknya kusen jendela dan juga pintu yang Anda gunakan juga minimalis. Modelnya tentu banyak, tapi pilih salah satu yang dinilai paling pas.

–                      Pastikan warna kusen jendela yang hendak digunakan sama dengan warna kusen pintu. Selain itu, pastikan warna kusen tersebut, serasi dengan warna dasar rumah.

–                      Pastikan juga proses finishing kusen jendela tersebut baik, dan pas dengan jenis kusen jati, sehingga membuat kusen jati jadi lebih awet.

  1. Dimana Anda membeli kusen tersebut

Perhatikan juga dimana Anda membeli kusen jendela tersebut. Membeli kusen jendela dari bahan kayu jati, memang tidak sulit. Anda cukup mengunjungi penyedia jasa kusen, dan membeli atau memesan kusen jendela dari bahan kayu jati tersebut. Tapi untuk memilih penyedia yang baik, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini :

–                      Pastikan penyedia layanan mempunyai kusen dari bahan kayu jati.

–                      Perhatikan aneka jenis kusen yang ada pada penyedia jasa tersebut. Pastikan kusen yang dihasilkan berkualitas, dan mempunyai hasil yang baik.

–                      Perhatikan bagaimana pelayanan dan cara kerja dari penyedia jasa tersebut. Semakin baik layanan yang diberikan dan semakin baik kinerja dari penyedia jasa tersebut, tentunya jadi referensi yang baik bagi Anda, untuk memilih penyedia jasa tersebut.

  1. Perhatikan harga yang diberikan

Hal berikutnya adalah memperhatikan harga yang diberikan oleh penyedia jasa tersebut. Harga kusen kayu jati ini memang cukup beragam, ada yang harganya murah, dan ada juga yang harganya mahal. Mahal atau tidaknya harga kusen, tentunya dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki saat ini, dan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan akan kusen tersebut. Harga kusen kayu jati ini, biasanya dilihat dari :

–                      Jenis kayu jati yang digunakan.

–                      Desain kusen kayu jati yang dibuat.

–                      Profesionalitas dari penyedia jasa tersebut.

Semakin profesional penyedia jasa atau pembuat kusen kayu jati, biasanya harganya sedikit lebih mahal dibandingkan degan penyedia jasa lainnya. Tapi, jika Anda ingin menggunakan penyedia jasa yang harganya sedikit lebih mudah, tidak ada salahnya jika melakukan survei harga, pada beberapa penyedia jasa kusen jendela kayu jati.